Jumat, 14 Oktober 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

BAB 1
PENDAHULUAN

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuksebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untukmelaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupunprogram yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagianyang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrikyang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenaijutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keraskomputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu
sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telahdimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian darikomputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telahditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagaisoftware komputer atau perangkat lunak komputer.

BAB 2
PEMBAHASAN

5.1. Arsitektur Komputer
            Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system computer,arsistektur computer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama,mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan k e memori cache, RAM, ROM, cakramkeras, dll).

-       Peralatan input
·         KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.

·         ALAT PENUNJUK
•Mouse
•Trackball
•Touch Screen
• Light Pen
•Unit Remote Control

·         ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
• Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR(Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
•Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

·         .ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
•Mikropon
• Automatic Speech Recognation (ASR)
•Touchtone


·         ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder

·         ALAT INPUT PENERIMA GERAK
•Headset
•Glove
• Walker

-       Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder
Pemrosesan pusat:
·         Penyimpanan komputer ada bentuk 2 dasar primer dan sekunder.
·         Penyimpanan primer disebut main memory sedangkan sekunder disebut secondary memory.
·         Teknologi IC untuk menyediakan RAM yang digunakan memory perangkat lunak dan data yang sedang berjalan.
·         ROM untuk menyimpan material yang bersifat permanen (tidak dapat diubah isinya) karena pengaturan isinya sudah ditentukan oleh pabrik asalnya.

Penyimpanan sekunder :
•Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
•Hard Disk : Removable dan Non removable
•Floppy Disk
•Piringan Optik : CD, DVD
•USB Flash Disk
•Smart Card
•Kartu memori

-       Peralatan output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1 Softcopy, terdiri dari dua jenis :
• Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
•Audio
2 Hardcopy, terdiri dari :
• Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
•Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le
• Computer Output Microfilm (COM)

5.2.  Software
       Software adalah  Perangkat lunak, yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.

-                      Sistem Operasi
Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP,

DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1 Menjadwalkan Tugas
2 Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3 Menjaga keamanan sistem
4 Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5 Menangani Interrupt
6 Menyiapkan catatan pemakaian

Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada suatu aplikasi pemakai tertentu.


Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
-Bahasa Generasi Kedua, Assembler
-Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi

bahasa keempat :
1 Database Query Language
2 Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3 Very High Level Language : PASCAL, APL
4 Graph Generators : paket grafik
5 Report Writer : COBOL, RPG
6 Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji


-       Aplikasi
1 Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2 Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
Paket Aplikasi Bisnis Umum
Paket Aplikasi Khusus Industri
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan

5.3.  Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah

            Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.


BAB 3
KESIMPULAN

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuksebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untukmelaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupunprogram yang diberikan kepadanya.

           
BAB 4
DAFTAR PUSTAKA

·         dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../Arsitektur_komputer.do

Tidak ada komentar:

Posting Komentar