Sabtu, 25 September 2010

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PT Unilever Indonesia Tbk.

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.  CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Salah satu bentuk pertanggung jawaban social perusahaan yang dilaksanakan oleh PT Unilever Indonesia Tbk. Dengan tema “BERPADU DALAM CITA BERSAMA MASYARAKAT &  LINGKUNGAN”. Unilever Indonesia menyadari pentingnya memberi dan berbagi. Bagi  mereka tanggung jawab social perusahaan tidak terpisahkan oleh bisnis Tekanan akibat dampak globalisasi, LSM, peraturan dan perundangan, kompetisi yang kian ketat, dan masyarakat bisnis itu sendiri menjadi pendorong bagi perusahaan untuk meningkatkan kontribusi sosialnya kepada masyarakat. Sejak bertahun-tahun, Unilever telah memulai upaya memberikan kontribusi social bagi keluarga dan individu Indonesia. Upaya ini telah kami mulai jauh sebelum adanya tuntutan akan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) serta sebelum dipopulerkannya petunjuk pelaksanaan CSR.  Mereka percaya bahwa tanggung jawab social perusahaan (CRS) tidak sebatas kontribusi sukarela, tapi mencerminkan seluruh kegiatan perusahaan.  Kami yakin perusahaan yang bertanggung jawab harus memberikan kontribusi yang bermakna bagi kesejahteraan masyarakat, perekonomian nasional, serta dasar-dasar pendidikan sosial dan lingkungan. Berikut tanggung jawab social perusahaan di PT Unilever Indonesia Tbk. :

Membangun Sinergi Kesuksesan Bagi Masyarakat

“Kami tidak mungkin hadir tanpa dukungan
mitra bisnis kami. Hubungan
saling menguntungkan dan berkelanjutan
merupakan prinsip utama dalam
menjaga ikatan rantai nilai, mulai dari
pemasok hingga distributor”.

Memaksimalkan Potensi para Pemasok
Dalam bisnis perusahaan, pertumbuhan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting. Karena itu, kami senantiasa mendorong mitra agar berbisnis dengan cara yang berkelanjutan. Melalui Program Manajemen Kualitas Pemasok (Supplier Quality Management Programme - SQMP), kami mendorong para pemasok menerapkan standar tertinggi dalam berbisnis. Penerima penghargaan SQMP tertinggi diberikan “Preferred Partner Certifi cation”, dimana dituntut memberikan kualitas barang pada level tertentu, pengiriman dalam jumlah dan waktu tepat, menawarkan harga kompetitif, fl eksibel dan menjaga kepercayaan. SQMP mencakup seluruh pemasok Unilever termasuk pemasok kemasan, bahan baku hingga bahan parfum. Maksud program ini tidak hanya pada peningkatan hubungan berbisnis, tapi juga mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih baik. Kriteria penilaian program yang dilaksanakan sejak tahun 2000 ini selalu diperluas dari tahun ke tahun, saat ini telah mencakup bagaimana pemasok tersebut menangani masalah kesehatan, keselamatan dan lingkungan perusahaan, serta komitmen terhadap tanggung jawab sosial perusahaan.

“Kami berterima kasih kepada Unilever Indonesia, bukan hanya atas hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan Unilever, melainkan juga karena kami merasa betul-betul dihargai sebagai mitra. Karena diperlakukan sederajat, kami dapat belajar banyak dari hubungan ini. Pengetahuan yang terus berkembang telah menghasilkan banyak inovasi, dan inovasi tersebut melanggengkan usaha. Kami selalu menjaga hubungan yang betul-betul saling menguntungkan atau win-win.“

Tony Hambali, Presiden Direktur Dynaplast, penerima tiga kali penghargaan bergengsi Preferred Supplier Certifi cate.

Menciptakan Kesempatan bagi
Pengembangan Ekonomi Lokal
Dalam melayani para pelanggan, kami membutuhkan network distribusi yang besar dan efi sien untuk produk kami. Dalam kompetisi yang kian ketat, distribusi produk yang efektif dan merata, menentukan sebuah produk menjadi pilihan pelanggan. Untuk menjaga dan memperkuat kelangsungan distribusi produk, kami memilih untuk membina kerjasama yang harmonis dengan berbagai mitra distributor yang independen. Kemitraan ini sangat unik, termasuk pengembangan kewirausahaan, lapangan kerja dan bisnis bagi para pemilik usaha lokal. Sinergi di dalam rantai nilai ini akan secara berkesinambungan mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas. Dengan sistem distribusi yang kuat, kami memasok sekitar 550.000 outlet toko dan warung melalui lebih dari 350 distributor yang handal dan terpercaya. Kami menyalurkan, menyimpan, serta menjual produk-produk dengan kualitas terbaik kepada setiap outlet dari 17 kantor depo penjualan dan dua gudang pusat kami, dimana secara terus menerus dilakukan pemantauan dan dukungan kepada setiap distributor. Dengan sistem yang besar ini, kami menciptakan kesempatan kerja bagi sekitar 25.000 orang. Pada tahun 1998, kami memperkenalkan sebuah segmen baru dalam rantai nilai kami, yaitu Sub-Distributor Kecamatan (SDK). Tujuannya adalah menjangkau outlet di daerah terpencil dan tidak terjangkau oleh para distributor. Bagi kami, SDK merupakan sistem pendistribusian yang unik karena para SDK mampu menjadi agen perubah dalam perkembangan perekonomian lokal. Dengan semangat kepemimpinan individu yang tinggi yang dibekali melalui berbagai pelatihan dan bimbingan khusus, mereka dapat menciptakan setiap peluang meskipun kecil untuk selalu meningkatkan pertumbuhan. Pemberdayaan juga merupakan kata kunci bagi para penjaja eskrim kami. Bekerja sama dengan 35 distributor eskrim, kami membuka lapangan kerja bagi sekitar 5.000 orang. Pembinaan kami mencakup pelatihan khusus dan berkelanjutan, seperti teknik penjualan, manajemen bisnis, kesehatan dan kebersihan. Untuk mengikuti perkembangan tren pasar modern yang sedang berkembang, kami menata ulang tugas para sales representatives kami sebagai ujung tombak Unilever. Mereka membantu supermarket dan hypermart dalam memastikan perolehan produk yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Sales Push Team kami pun menjadi mitra yang terpercaya bagi para konsumen kami dalam memproleh produk yang berkualitas. Mereka memberikan berbagai informasi secara proaktif dan langsung kepada konsumen tentang manfaat produk, sekaligus menerima masukan dan keluhan dari para konsumen, yang sangat penting bagi pengembangan produk dan pelayanan kami selanjutnya untuk mencapai standar tertinggi. Hubungan dengan para mitra outlet modern ini tidak terbatas pada kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi yang membutuhkan. Bahu-membahu, kami membagi sebagian hasil penjualan yang kami peroleh kepada yang membutuhkan seperti anak jalanan di kota-kota besar dan di daerah yang tertimpa bencana. Dengan Matahari Supermarket, kami telah memberikan sebagian hasil penjualan bagi korban bencana Nabire. Sumbangan-sumbangan ini pun memberi kesempatan belajar dengan layak kepada anak-anak jalanan, dan bahkan dapat berarti hidup yang baru bagi anak-anak Aceh, Sumatera Utara dan Nabire.

“Saya selalu membayangkan Unilever sebagai sebuah perusahaan multinasional. Baru ketika menjadi distributornya, saya menyadari bahwa mereka juga multilokal, yang berarti mereka sadar bahwa untuk pasar yang berlainan diperlukan pendekatan yang berbeda pula, tanpa melupakan standar kualitas internasional. Saya merasa beruntung bahwa Unilever memberikan kesempatan luas bagi saya untuk belajar. Hal itu menguntungkan bisnis kami, dan saya yakin, rekan distributor Unilever yang lain memperoleh keuntungan yang sama.“
Saryanto, Manajer Operasi Distributor BSM2.



Memenuhi Panggilan masyarakat

“Kami berkomitmen meningkatkan dampak positif kegiatan kami melalui kontribusi sukarela. Kami memusatkan perhatian pada pengembangan
mitra UKM, peningkatan kualitas lingkungan, dan pengelolaan sampah
serta meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan lingkungan.”

Kami telah melaksanakan dan menyempurnakan kegiatan kontribusi sukarela kami sejak bertahun-tahun. Kami berupaya bersikap profesional dalam mengelola tanggung jawab sosial perusahaan layaknya mengelola bidang usaha lainnya. Yayasan Unilever Indonesia Peduli (UPF) memegang peranan penting sebagai perwujudan sikap profesional kami dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. UPF memfokuskan kegiatan pada empat bidang kegiatan utama, sekaligus menjadikan kontribusi kami lebih bermakna.


Melestarikan Sumber Kehidupan
Kami berkomitmen menjadi bagian dari solusi masalah lingkungan melalui kontribusi sukarela untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekitar kami, contohnya Proyek Kali Bersih di Jambangan, Surabaya. Kami berupaya
mengubah cara pandang dan perilaku masyarakat di sepanjang Sungai Brantas dalam menyikapi sungai. Sebelumnya, mereka terbiasa membuang sampah dan pencemar lainnya ke dalam sungai dan menggunakan airnya tanpa mempedulikan pelestariannya. Kami mendorong masyarakat untuk meningkatkan kondisi lingkungan mereka, dengan membangun fasilitas sanitasi, membagikan tempat sampah, serta mengolah sampah menjadi kompos melalui pemilahan sampah organik dan non-organik. Kami juga menyumbangkan composter communal skala kelurahan dan berkolaborasi dengan stakeholder dalam mengelola fasilitas pengolahan kompos. Bersama stakeholder kami, meliputi lembaga pemerintah, LSM, universitas, perusahaan swasta, dan juga media, pendampingan masyarakat menjadi hal yang lebih mudah dilakukan. Dengan keterlibatan masyarakat, mereka dapat membuktikan bahwa program yang berkesinambungan ini betul-betul akan meningkatkan kualitas hidup di sekitar Sungai Brantas. Model yang berhasil ini dikembangkan di daerah-daerah lain di sepanjang sungai untuk melestarikan kualitas air dan kehidupan yang ada di dalamnya,
sekaligus untuk melestarikan sumber kehidupan.

Selamatkan Kota-Kota Besar
Kami berupaya membantu kota-kota besar dalam menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi warganya. Untuk mencapai keberhasilan yang optimum, kami memfokuskan perhatian kami untuk mengentaskan sebagian persoalan urban melalui upaya daur ulang sampah. Saat kami mengumpulkan data awal mengenai persoalan sampah, kami terkejut melihat kenyataan bahwa banyak operasi daur ulang kekurangan bahan baku sampah plastik. Kenyataan ini terasa ironis, karena permasalahan sampah telah lama menjadi persoalan bagi kota-kota besar. Guna membantu persoalan ini, kami bekerja sama dengan pemerintah daerah, universitas, LSM dan media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengumpulan sampah melalui kampanye “Surabaya Green & Clean”. Kami melakukan pemilahan sampah yang dapat didaur ulang dari sampah lainnya melibatkan pemulung di Surabaya dan sekitarnya, karena pemilahan sampah merupakan langkah penting dalam pengolahan sampah yang lebih berkesinambungan.



Keceriaan menuju Sadar Kesehatan
Kampanye yang berkelanjutan umumnya dipandang mahal, padahal kegiatan ini tidak perlu menghabiskan dana besar bila berbagai stakeholder dapat bersatu untuk mengkampanyekan pesan ini. Kampanye ini telah kami lakukan sejak tahun 1994 melalui Program Sekolah Pepsodent. Sekitar 7.000 anak sekolah dasa telah memahami pentingnya kesehatan mulut setelah mengikuti program belajar interaktif. Pepsodent juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi dan gusi gratis, dimana sekaligus menanamkan pengertian pada anak-anak mengenai pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur. Melalui program lain bernama “IDE” yang telah memasuki tahun ketiga, kami mengembangkan proses belajar-mengajar interaktif bagi 800 sekolah yang tersebar di empat kota, melibatkan 233.000 pelajar dan 10.000 guru. Kurikulum menjadi landasan untuk menyeimbangkan antara keuntungan bisnis dan kontribusi sosial perusahaan melalui penyediaan alat bantu dan paket belajar interaktif untuk proses belajar-mengajar yang menyenangkan.






sumber :  http://www.unilever.co.id/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar