Jumat, 06 Mei 2011

2. MENGHINDARI BAHAYA NARKOBA


               Peredaran narkoba ibarat jamur di musim hujan, tidak hanya ditempat-tempat hiburan tetapi saat ini sudah tersebar di lingkungan perumahan, bahkan ke sekolah-sekolah. Lalu, bagaimana cara menghindari agar keluarga kita tidak terjerumus ke lembah maksiat itu.
 Di Indonesia kasus narkoba sudah banyak terjadi bahkan kita sangat sulit memberantasnya. Kita dapat membantu negri ini dari bebas narkoba dengan cara menghindarinnya, di tulisan ini saya akan menjelaskan cara menghindari bahaya narkoba.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi mengenai bahaya narkoba dari koran, majalah, semina,dll agar kita dapat menghindari daerah-daerah yang sudah terkena narkoba, yang ke dua Persiapkan mental untuk menolak jika ditawarkan narkoba Kuatkanlah tekadmu untuk menolaknya agar kita bebas dari narkoba, berikutnya Belajar berkata "tidak", kalau mendapat tawaran narkoba. Siapkan alasan yang dapat dipakai, dan alihkan pembicaraan jika kita mulai disudutkan. namun, bila teman terus memaksa, segera tinggalkanlah tempat itu. Carilah teman baru yang ''bersih'' dari narkoba, selanjutnya lakukanlah kegiatan positif yang dapat menolong kita untuk menjadi lebih mandiri, percaya diri, serta menyalurkan hobi serta berprestasi.

Selain itu agar kita terhindar dari narkoba kita harus berkonserling atau pendekatan kogniif dengan orang tua, sekolah, dan guru. Selanjutnya, mengajarkan cara pengendalian tingkah laku yang tidak dikehendaki. Sekali lagi saya ingatkan jauhkan diri dari narkoba berani mengucapkan TIDAK untuk narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar